Kamis, 05 Januari 2012

SOAL AL-INSYIROH AYAT 1-8

Berilah alasan atau jawaban dari pernyataan-pernyataan berikut :
1. Meskipun pintar, kita harus tetap belajar dengan sungguh-sungguh.
2. Terpuruk dengan sebuah kegagalan.
3. Kesedihan yang berlarut-larut, karena tidak naik kelas.
4. Mengerjakan pekerjaan dengan hati yang ikhlas.
5. Tidak akan berganti pekerjaan apabila satu pekerjaan belum selesai.

NB : Tugas Individu, jangan lupa nama dan nomer absen!

SELAMAT MENGERJAKAN!

2 komentar:

  1. Mekar Ayu C (22)

    1.Meskipun pintar kita tetap harus belajar, ibarat pisau yang tajam tdk prnah diasah akan menjadi tumpul,begitu pula dengan manusia, jika manusia yg sdh pintar dan ia jarang mengasah otaknya dengan ilmu pengetahuan ia akan menjadi bodoh.

    2.Terpuruk dgn sbuah ke gagalan itu tidak baik, karena kegagalan tersebut sudah menjadi ketentuan Allah, yg harus diterima dan di hadapi dgn kesabaran, dan sesungguhnya kegagalan tersebut adalah keberhasilan yang tertunda.

    3.kesedian yg berlarut2, karena tidak naik kelas itu tidak baik karena Allah menguji batas kesabaran kita dengan hal itu, seperti sabda Rasulullah yang maknanya Allah akan memberi kemudahan bagi umat-Nya, jika kita dapat mnghadapinya dengan tawakal

    4.mengerjakan pekerjaan dgn hati yg ikhlas itu sangat baik, karena hal itu akan bermanfaat bagi diri kita sendiri dan orang lain.

    5.sebaiknya kita tidak berganti pekerjaan apa bila satu pekerjaan yang sedang kita kerjakan belum selesai, karena jika kita mengganti pekerjaan seblm pekerjaan satu selesai akan membuat kita repot dan hal itu akan merugikn diri kita sendiri, seperti yang sdh di tegaskan pada surat Al-insyiroh ayat 7.

    BalasHapus
  2. Finda Noni N (16)

    1. walaupun sudah pintar tetapi harus tetap belajar sungguh-sungguh karena dari belajar akan menambah ilmu.
    2. didalam al-insyirah ayat 5-6 telah diterangkan bahwa sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan, maka terpuruk dengan sebuah kegagalan itu tidak benar karena masih bisa kita mencoba lagi dan lagi hingga berhasil sehingga kesulitan itu akan menjadi suatu kemudahan.
    3. tak baik untuk bersedih berlarut-larut karena tidak naik kelas, karena dalam al-insyirah ayat 1 "dan Kami telah melapangkan untukmu dadamu", maka sungguh suatu kegagalan harus diikhlaskan bukan untuk ditangisi.
    4. mengerjakan sesuatu pekerjaan memang harus ikhlas karena sesuatu pekerjaan yang dilakukan tidak ikhlas maka pekerjaan itu menjadi sangat berat.
    5. suatu pekerjaan yang kita lakukan akan lebih baik jika pekerjaan itu selesai sehingga pekerjaan yang lain juga dapat terselesaikan dengan baik. :)

    BalasHapus